5 Manfaat Buah Kurma Yang Paling Utama

Kurma merupakan jenis tanaman buah yang bisa dimakan ketika sudah matang atau pun ketika masih mentah. Khasiat mengkonsumsi kurma bagi kesehatan sudah terbukti semenjak jaman nabi dahulu. Tidak ada satu orang pun (terutama muslim) yang meragukan manfaat buah kurma baik untuk menjaga kesehatan maupun untuk mengobati penyakit.

Sebagian besar pohon kurma tumbuh subur di negara-negara tempat Arab. Diantara jenis buah kurma yang populer dan terkenal yaitu kurma Madinah dan Mekkah.

Kurma merupakan jenis tanaman buah yang bisa dimakan ketika sudah matang atau pun ketika masih 5 Manfaat Buah Kurma Yang Paling Utama

DOKTER TRADISIONALS Gambar buah kurma


Khasiat buah kurma untuk merawat kondisi badan dibuktikan kebenarannya melalui surah Ar-Rahman ayat 11 yang artinya : "Di bumi ada buah-buahan dan ada pohon kurma yang memiliki kelopak mayang."

Bahkan rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda "Apabila salah seorang di antara kau berpuasa, hendaklah berbuka dengan kurma, jikalau tidak ada kurma, hendaklah dengan air" (H.R.: Ahmad dan At-Tirmidzi).

Kandungan mineral dan vitamin buah kurma :
  • Adanya vitamin A, B1, dan B2.
  • Kalsium dan Fosfor, bermanfaat untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi.
  • Kalium dan Magnesium, berguna untuk menjaga fungsi otot jantung, memelihara keseimbangan tingkat asam basa cairan dalam badan dan transmisi saraf dan sintesis protein.
  • Zat besi, berfungsi untuk mengangkut serta mengedarkan oksigen dari paru-paru ke sel dan kembali membawa karbondioksida untuk dilepaskan di paru-paru.

Sungguh tidak ada keraguan dan begitu indah manfaat kurma bagi siapa saja yang mau mengkonsumsinya.

Selain dikonsumsi secara langsung, Anda juga bisa memperoleh khasiat dalam buah berwarna gelap dengan rasa manis legit ini dengan mengolahnya menjadi ekstrak buah kurma, minuman jus buah, sirup, atau bahkan salad buah.


Khasiat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

  1. Mampu menenangkan sel saraf
    Baik kurma kering maupun basah, bermanfaat untuk memperlihatkan sensasi rileks pada sel-sel saraf melalui pengaruhnya terhadap kelenjar gondok. Olahan ekstrak kurma juga berguna mengatasi insomnia atau susah tidur. Jika rajin mengkonsumsi buah ini, resiko terkena penyakit stroke akan berkurang drastis.
  2. Menetralisir zat asam pada perut
    Kandungan mineral kalium, magnesium, serta potasium dalam buah kurma berguna untuk menetralisir asam perut. Zat asam ini umumnya muncul setelah seseorang mengkonsumsi materi makanan dengan protein tinggi ibarat ikan dan telur.

    Jika zat asam dalam perut sudah netral, maka gangguan pencernaan ibarat usus kronik bisa dihindari dan bahkan disembuhkan secara perlahan.
  3. Menjaga kesehatan darah dalam tubuh
    Berkat zat besi berlimpah di dalamnya, buah kurma bisa mengatasi persoalan anemia atau kurang sel darah merah. Selain itu, kandungan kolesterol, lemak, dan gula yang rendah juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.


Yang Berikut Ini, Manfaat Kurma Khusus Untuk Wanita

  1. Menguatkan rahim seorang wanita
    Jenis kurma kering (tamr) berguna untuk menguatkan sel-sel usus sekaligus melancarkan terusan kencing. Zat gizi dalam buah kurma juga berguna bagi wanita hamil yang akan melahirkan, sebab dapat membantu mengontrol laju gerak usus dan menguatkan rahim.
  2. Mengurangi pendarahan wanita yang melahirkan
    Jenis kurma lembap (rathab) bermanfaat untuk mengurangi pendarahan ketika melahirkan buah hati. Berkat kandungan hormon oxytocine, proses pengembalian posisi rahim setelah melahirkan juga akan berlangsung lebih cepat.

Umumnya, orang Indonesia mengkonsumsi buah ini hanya ketika bulan puasa. Namun setelah mengetahui khasiat kurma bagi kesehatan yang luar biasa di atas, jangan ragu untuk menikmati buah dengan cita rasa manis ini mulai dari sekarang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Manfaat Buah Kurma Yang Paling Utama"

Post a Comment